Puting Beliung Terjang Desa Penanggal, Belasan Rumah Rusak

Salahsatu rumah yang terdampak puting beliung. (*)
Lumajang, Motim - Angin puting beliung menerjang Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Rabu (17/2/2021) siang. Akibat peristiwa tersebut ada belasan rumah yang mengalami kerusakan.

Dari informasi yang diterima Memo Timur, angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Sebelum terjadi puting beliung, langit di sekitar kawasan tersebut mendung. Ketika peristiwa itu terjadi, warga berusaha menyelamatkan diri dengan berada di tempat yang aman.

Sekretaris Desa Penanggal, Mufidun Alamin menyampaikan, ada sekitar 18 rumah yang mengalami kerusakan. Utamanya kerusakan di bagian atap usai disapu angin puting beliung tersebut.

“Yang 5 rumah rusak parah, yang lain rusak ringan,” katanya pada Memo Timur.

Lanjutnya, untuk yang rusak ringan, sebagian sudah ditangani oleh warga bersama dengan relawan. Penanganan juga akan dilanjutkan kembali esok hari.

“Besok dari relawan mungkin BPBD juga, gabungan dengan Forkopimca, kemudian dibantu perangkat desa dan warga sekitar akan melakukan kerja bhakti di rumah-rumah warga,” ujarnya.

Sementara pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang masih belum bisa dimintai keterangan resmi terkait bencana alam tersebut. Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Joko Sambang ketika dihubungi Memo Timur, belum tersambung. (fit)