Sejumlah Fasilitas di Alun-alun Kembali Dirusak 'Tangan Jahil'

Tempat sampah dirusak oleh tangan-tangan jahil. (*)
Lumajang, Motim - Fasilitas umum di Alun-alun Lumajang kembali ditemukan dalam keadaan rusak oleh petugas. Diduga fasilitas tersebut dirusak oleh tangan-tangan jahil.

Ada sejumlah tempat sampah ditemukan rusak hingga sampah di dalamnya berserakan. Lampu kaligrafi di Alun-alun barat atau depan Masjid Agung Anas Mahfudz juga ditemukan rusak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Yuli Harismawati ketika dikonfirmasi, menyampaikan diperkirakan aksi pengrusakan tersebut terjadi Minggu (14/2/2021) malam. "Itu ulah oknum pengunjung, orang-orang jahil," katanya, Selasa (16/2/2021).

Ia pun menyayangkan, adanya aksi pengrusakan tersebut. "Karena ini fasilitas umum, seharusnya mayarakat bisa ikut menjaga," ujar dia.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi hal serupa terjadi, bisa dipasang kamera pengintai di sana. Sehingga pelakunya diketahui. "Memang saat ini belum ada CCTV di dalam Alun-alun. CCTV hanya ada di jalan seputaran Alun-alun," katanya.

Sejauh ini petugas yang berjaga di Alun-alun juga tidak bisa maksimal. Karena pada malam hari petugas sudah pulang. "Kita sebenarnya butuh polisi taman seperti di daerah lain," ungkap Yuli.

Dirinya juga menghimbau masyarakat, jika megetahui ada orang yang melakukan pengrusakan fasilitas umum, bisa segera melapor. Jadi bisa segera dilakukan tindakan oleh petugas.

Masyarakat juga bisa mem-vidio pelaku yang melakukan pengrusakan dan menyampaikan pada pihaknya. "Kita akan merahasiakan identitas yang melaporkan pada kita," pungkasnya.

Seperti diketahui, ini bukan kali pertama peristiwa pengrusakan pada fasilitas umum di Alun-alun itu terjadi. Sebelumnya sempat terjadi pengrusakan pada lampu hias yang ada di sana. (fit)