Ujian Nasional Ditiadakan, Sekolah yang Menentukan Kelulusan

Ujian Nasional Ditiadakan, Sekolah yang Menentukan Kelulusan
Lumajang, Motim - Ujian Nasional (UN) pada tahun ini ditiadakan, sesuai dengan surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Peniadaan UN tersebut, karena adanya pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Drs. Agus Salim M.Pd menyampaikan, untuk kelulusuan siswa/siswi ditentukan pihak sekolah. Ada sejumlah syarat, yang harus dipenuhi sebagai dasar kelulusan.

“Salahsatunya, siswa harus memiliki iktikad baik,” ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Lanjutnya, ketika tidak ada UN, pihak sekolah harus bisa membuat kelulusan yang tetap berkualitas. Diantaranya melalui ujian yang dibuat di masing-masing sekolah.

“Jadi kelulusan itu diserahkan pada pihak sekolah,” katanya.

Agus Salim menambahkan, saat ini juga telah dibuka pendafataran peserta didik baru di masing-masing sekolah. Namun semua tahapan pendaftaran tersebut dilakukan secara online.

“Sudah dibuka pendaftaran tahap pertama hingga 28 Februari 2021 mendatang,” katanya.

Ia menegaskan, untuk regulasi pendaftaran tidak ada perubahan. Termasuk regulasi terkait zonasi. “Untuk zonasi masih tetap ada,” ungkap dia.

Untuk siswa atau orangtua yang perlu bantuan, juga masih bisa datang ke sekolah untuk menanyakan langsung. “Meskipun online, jika ada siswa atau orangtua yang kesulitan bisa minta bantuan ke sekolah,” pungkasnya. (fit)