Antisipasi Balap Liar dan Tekan Laka Lantas, Satlantas Gencar Patroli Hunting System

Antisipasi Balap Liar dan Tekan Laka Lantas, Satlantas Gencar Patroli Hunting System
Petugas ketika melakukan penertiban saat patroli Hunting System
Lumajang-Motim - Satuan Lalu Lintas Polres Lumajang melaksanakan kegiatan patroli Hunting System selain mengantisipasi terjadinya balap liar dan pelanggaran potensial laka juga dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Operasi yang dilaksanakan pada Sabtu (27/3/21) di wilayah dalam kota dan seputaran Jalan Lintas Timur dipimpin langsung Kasat Lantas.

"Operasi kami laksanakan mulai pukul 23.00 hingga pukul 03.00 WIB. Sedikitnya ada 33 sepeda motor yang diamankan,'' ucap Kasat Lantas AKP Bayu Halim Nugroho.

33 sepeda motor berbagai merk itu kemudian diboyong ke Mapolres Lumajang, pengendaranya diberi pembinaan yang rata-rata melakukan pelanggaran.

"Mereka diberikan pembinaan agar tidak membahayakan lalu lintas yang mengakibatkan Laka Lantas," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialiasi dan himbuan terkait bahaya penyebaran covid-19, dan diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Mereka yang tidak menggunakan masker, langsung diberikan masker Mas," terangnya.

Masih kata Kasat Lantas 33 sepeda motor yang terjaring operasi itu rata-rata melakukan pelanggaran dan semuanya ditindak tegas dengan surat tilang.

Sepeda motor bisa diambil setiap jam kerja dengan ketentuan bagi sepeda motor yang menggunakan ban kecil diganti dengan ban standartnya termasuk yang menggunakan knalpot juga diganti dengan standartnya.

Termasuk pemilik sepeda motor juga menunjukkan surat resmi kepemilikan STNK juga BPKB.

"Kegiatan ini upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menggugah kesadaran masyarakat untuk selalu patuh terhadap aturan lalu lintas," tegasnya.(rus)