Command Center Kembali Diaktifkan, 6 Personil Disiapkan

Command Center Kembali Diaktifkan, 6 Personil Disiapkan
Kabag Ops Polres Lumajang, Kompol Amar Hadi, S.Ip
Lumajang, Motim - Command Center yang ada di Polres Lumajang akan segera diaktifkan kembali dalam waktu dekat. Sebanyak 6 personil telah dipersiapkan secara khusus untuk ditugaskan mengelolah Command Center.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan program dan aplikasi yang terhubung dengan Mabes Polri.

Kabag Ops, Kompol Amar Hadi Susilo, S.Ip kepada Memo Timur menyampaikan, ada 6 personil yang telah mengikuti pelatihan khusus di Polda Jatim pada bulan lalu. Selanjutnya, pihaknya masih menunggu aplikasi terkait Command Center yang akan dilaunching dari Mabes Polri.

“Aplikasinya dari Mabes Polri semua, kita masih menunggu dilaunching,” tutur Kompol Amar, Rabu (10/3/21).

Aplikasi dan program yang ada pada Command Center ini akan diintegrasikan dengan semua bentuk pelayanan yang ada di Polres Lumajang, seperti Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) atau pun yang berhubungan dengan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Sehingga pelaporannya akan jauh lebih cepat dan praktis, karena aplikasi tersebut juga terhubung langsung dengan Mabes Polri. Berbeda dengan Command Center yang sebelumnya, karena yang ini cakupannya jauh lebih lengkap.

“Yang ini lebih lengkap, karena terhubung ke semua perangkat seperti CCTV (Closed Circuit Television), berkaitan dengan sistim pelaporan dan gangguan Kamtibmas,” jelasnya.

Untuk aplikasi yang sudah ada sebelumnya, pihaknya akan terus melakukan pembaharuan-pembaharuan supaya bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

“Semua perangkat kita sudah lengkap, tinggal menambahi CCTV di tiap desa untuk memudahkan pemantauan,” imbuhnya.

Kompol Amar Hadi Susilo juga menghimbau kepada masyarakat supaya melaporkan setiap kejadian yang terjadi di masyarakat, baik melalui telfon, WA maupun melalui aplikasi. Agar pihaknya bisa sesegera mungkin menangani kejadian yang dilaporkan oleh masyarakat.

"Jika melihat ada kejadian di lingkungan sekitarnya, segera melapor ke polisi biar segera diambil tindakan tegas," tegasnya.(rus)