Desa Kraton Wakili Jatim di Lomba Gerak PKK Bangga Kencana

Desa Kraton Wakili Jatim di Lomba Gerak PKK Bangga Kencana
Ketua PKK Lumajang berkunjung ke Des Kraton
Lumajang, Motim - Lumajang terpilih sebagai kabupaten yang mewakili Jawa Timur di lomba Gerak PKK Bangga Kencana Tahun 2021 dengan kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

TP PKK Kabupaten Lumajang kemudian menunjuk Desa Kraton, Kecamatan Yosowilangun untuk lomba tersebut. "Kabupaten Lumajang menunjuk Desa Kraton menjadi perwakilan dari Provinsi Jawa Timur," ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarinah, Senin (22/3/2021).

Ketua TP PKK Kabupaten bersama tim inti PKK mulai dari Pokja 1 sampai Pokja 4, turun langsung ke Desa Kraton guna memastikan kesiapan di lapangan termasuk juga verifikasi terkait administrasi.

"Hari ini merupakan hari kedua setelah tim inti dari kabupaten yang sebelumnya sudah turun ke Desa Kraton untuk memastikan kesiapan. Hari ini saya turun langsung ke lapangan melihat kondisi Pawon Urip apakah sudah diinisiasi sejak lama atau masih baru, karena itu juga masuk dalam penilaian," jelasnya.

Kabupaten Lumajang masuk dalam penilaian kategori PHBS. Jadi, nantinya akan dilihat dari ODF dan setiap rumah juga harus mematuhi protokol kesehatan serta kebersihan lingkungan menjadi bagian penilaian. Untuk itu, Ia berharap Kepala Desa dan ketua TP PKK Desa bisa mengontrol semua yang nantinya masuk dalam penilaian.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang mengatakan, pihaknya dalam satu minggu ke depan, baik tim dari kabupaten yang masuk tim inti dan Pokja akan terus melakukan pendampingan terkait kesiapan verifikasi lapangan dan administrasi di Desa Kraton.

"Mudah-mudahan Kabupaten Lumajang benar-benar mampu memberikan yang terbaik, sehingga kita menjadi salah satu pemenang yang terbaik. Kita juga meminta masukan-masukan yang bisa membangun dan memperbaiki apa yang perlu disempurnakan di Desa Kraton ini," pungkasnya. (fit)