DLH Lumajang Bantu Bersih-bersih Pasca Banjir

DLH Lumajang Bantu Bersih-bersih Pasca Banjir
Kepala DLH Lumajang, Yuli Harismawati. (vit)
Lumajang, Motim – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang siap membantu penanganan pasca banjir di sejumlah desa di Kabupaten Lumajang. DLH akan membantu bersih-bersih di lokasi yang terdampak banjir.

“Kami akan membantu untuk pembersihan, kami masih menunggu air benar-benar surut, kita sudah meninjau ke beberapa lokasi, terutama yang terdampak langsung,” kata Kepala DLH Lumajang, Yuli Harismawati, Senin (1/3/2021).

Ia menegaskan, pihaknya akan mengerahkan petugas untuk terjun langsung ke lokasi. “Kami dengan pasukan kami, setelah air surut pasti akan membantu pembersihan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah membantu warga yang terdampak. Diantaranya menyalurkan bantuan kepada korban banjir. “Kami terjun langsung, membantu bagikan nasi bungkus, pakaian layak pakai, sudah kami sampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Yuli menambahkan, saat hujan deras, selain antisipasi terjadinya banjir, juga perlu diantisipasi pohon tumbang. Untuk itu, pihaknya akan kembali melakukan pemotongan pohon yang dianggap rawan tumbang.

“Ada beberapa pohon yang akan kami potong lebih pendek. Di beberapa titik di wilayah perkotaan, terutama di wilayah jalan kabupaten. Karena kewenangan kami di jalan kabupaten, itu akan kami potong setinggi 4-5 meter, jadi tidak terlalu tinggi,” terangnya.

Lanjutnya, ada juga keluhan dari warga tentang pohon yang sudah keropos dan membahayakan masyarakat. “Memang ada beberapa pohon yang dikeluhkan warga, kami akan langsung datang ke lokasi. Antisipasi, jika ada pohon keropos, rawan tumbang, itu akan kita potong,” pungkasnya. (fit)