DPMD Lumajang Rencanakan PAW Serentak di 3 Desa

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Lumajang, Dadang Arifin. (fit)
Lumajang, Motim – Sejumlah desa di Kabupaten Lumajang mengalami kekosongan kepala desa definitif. Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang merencanakan adanya Pilkades Antar Waktu (PAW) Serentak.

Tentunya PAW digelar di desa yang sudah memenuhi regulasi yang ada. Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Lumajang, Dadang Arifin menyebut, ada 3 desa yang dimungkinkan bisa digelar PAW secara bersamaan tahun ini.

Ketiga desa itu adalah Desa Grati Kecamatan Sumbersuko, Desa Sumbersuko Kecamatan Sumbersuko, dan Desa Selokbesuki Kecamatan Sukodono. Diperkirakan PAW Serentak itu bisa dilaksanakan di pertengahan tahun ini.

“Jadi memang secara regulasi, kita ngacunya tetap di Permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades. Di situ jelas, jadi kades yang diberhentikan dengan sisa masa jabatan lebih dari 1 tahun dilaksanakan Musdes Pilkades Antar Waktu. Musdes dilaksanakan paling lama 6 bulan sejak kades diberhentikan,” katanya, Jumat (12/3/2021).

“Di Perbup kita, Panitia PAW dibentuk sesuai denga situasi dan kondisi masyarakat setempat, Jika memang masyarakat atau situasi kondusif, maka Panitia PAW dibentuk,” lanjutnya.

Dadang menegaskan, PAW direncanakan digelar serentak dengan pertimbangan efektifitas dan efesiensi. “Misalnya kita bikin tahapan, satu tahapan untuk 3 desa, pembinaan untuk 3 desa. Daripada tidak serentak, bisa dilakukan 3 kali, proses pengamanannya juga 3 kali,” tegasnya.

Untuk jadwal pelaksanaan PAW serentak memang belum bisa dipastikan. Karena harus melihat situasi dan kondisi. Namun dipastikan tidak mepet dengan bulan Desember 2021. Karena di bulan itu, ada pelaksaan Pilkades Serentak di 32 desa.

“Ada bulan puasa juga, tentunya ini dengan pertimbangan-pertimbangan yang harus dipikirkan. Kita juga berharap pelaksanaan Musdes PAW ini minimal tidak mengganggu dalam tanda kutip proses Pilkades Serentak,” ujarnya.

Dadang menambahkan, rencana pelaksanaan PAW Serentak di 3 desa ini, oleh pihaknya masih akan dilaporkan ke Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Nantinya, keputusan atau kebijakan ada pada bupati.

“Kalau kami di tataran teknis, nanti tergantung dari pimpinan. Saya kira keputusan pimpinan itu yang terbaik untuk masyarakat Lumajang,” pungkasnya. (fit)