Jalur Pendakian Semeru Dibuka Kembali Awal Bulan

Jalur pendakian Gunung Semeru. (*)
Lumajang, Motim - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan membuka kembali jalur pendakian Gunung Semeru. TNBTS secara resmi mengumumkan, akan membuka pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa itu pada 1 April mendatang.

Mengingat masih pandemi, TNBTS membatasi jumlah pendaki setiap harinya. Plt. Kepala Balai Besar TNBTS Agus Budi Santoso mengatakan, jumlah kuota sementara dibatasi hanya 30 persen atau 180 orang per hari dari kuota normal.

"Jumlah kuota yang disepakati adalah 180 orang per hari, kemudian diadakan Monev untuk kuota pendakian di bulan berikutnya," kata dia.

Sedangkan, untuk batas lama kegiatan pendakian yang diizinkan maksimal adalah tiga hari dua malam. Kemudian, pada awal pembukaan para pendaki hanya direkomendasikan berkunjung sampai batas satu kilometer dari Puncak Mahameru.

"Batas pendakian maksimal adalah hingga Kalimati," ujarnya.

Selain itu, calon pendaki diharuskan melakukan pembelian karcis masuk secara online. "Pembelian karcis masuk melalui booking online pada situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org," pungkasnya. (fit)