Kampung Anggur Makin Anggun dengan Puluhan Lukisan Mural

Kampung Anggur Makin Anggun dengan Puluhan Lukisan Mural
Lomba mural di Kampung Anggur
Lumajang, Motim - Lomba melukis di tembok alias mural telah digelar di Kampung Anggur, Dusun Suko II Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Minggu (28/3/2021). Ada puluhan tim peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Kini kampung yang berada di eks lokalisasi itu pun terlihat makin anggun, dengan adanya puluhan lukisan mural. Total ada 27 karya mural yang dihasilkan dalam lomba tersebut.

Sekretaris Kecamatan Sumbersuko, Isaac Hardy Yuwono menyampaikan, setelah lomba digelar, para juri butuh waktu beberapa hari untuk menentukan pemenangnya. “Empat hari lagi diumumkan,” katanya pada Memo Timur, Senin (29/3/2021).

Ia menambahkan, akan ada 4 tim peserta yang ditetapkan sebagai pemenang. Yakni juara 1, 2, 3, serta juara favorit pilihan warganet. Mereka yang juara berhak mendapatkan piala bupati, piagam penghargaan, serta uang pembinaan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang datang dalam lomba tersebut mengungkapkan, diharapkan dengan adanya mural ini, ada perubahan pandangan masyarakat di tempat tersebut. Dulu yang dikenal sebagai eks lokalisasi, kini menjadi tempat dengan persepsi yang baik.

"Saya berharap setelah dijadikan Kampung Anggur, semua orang sudah memilik persepsi yang baik dan hal-hal yang positif tentang Kampung Anggur ini," ujarnya.

Ia juga berterimakasih kepada TP PKK Kabupaten Lumajang, karena telah mempunyai ide untuk merubah eks lokalisasi menjadi Kampung Anggur. Selain itu, dirinya juga memberikan intervensi kebijakan langsung supaya warga setempat memiliki kegiatan positif lainnya.

"Misalnya ada budidaya ikan di sana, Saya yakin warga di sini mampu mengelola itu. Ini harus diwujudkan supaya Kampung Anggur benar-benar bisa berubah," pungkasnya. (fit)