Kebakaran Kerap Dipicu Korsleting Listrik, PLN Himbau Warga Cek Instalasi

Kebakaran Kerap Dipicu Korsleting Listrik, PLN Himbau Warga Cek Instalasi
Kebakaran rumah akibat korsleting listrik
Lumajang, Motim - Kebakaran rumah di Kabupaten Lumajang kerap terjadi. Kebanyakan kebakaran terjadi akibat adanya korsleting listrik. Di bulan ini saja, tercatat ada 3 kebakaran rumah karena arus pendek itu.

Pihak PLN Lumajang pun menghimbau warga agar lebih berhati-hati lagi. Instalasi listrik di rumah perlu diperhatikan betul untuk menghindari hal yang tidak diingan tersebut.

Manajer PLN Lumajang, Hendik Purwahyudi menyampaikan, ada sejumlah poin yang perlu diperhatikan pelanggan, untuk menghindari korsleting listrik. Pertama, instalasi listrik harus menggunakan kabel yang standar.

“Kabel standar itu, kabel yang sesuai dengan arus yang melewatinya. Kalau kabelnya bagus, potensi terjadinya korsleting listrik itu sangat kecil sekali,” ucapnya pada Memo Timur, Senin (22/3/2021).

Kedua, perlu dihindari menumpuk stop kontak. “Kalau bisa jangan ditumpuk, kalau ditumpuk otomatis akan menimbulkan beban yang lebih panas,” ujarnya.

Ketiga, pihaknya menghimbau pelanggan agar sering mengecek instalasi listrik di rumah. “Terutama yang ada sambungannya, itu sesekali perlu dicek apakah masih layak,” terangnya.

Keempat, kata Hendik, perlu dihindari menyalurkan listrik di luar instalasi standar. “Misalnya pakai kabel olor yang sampai jauh. Itu juga berpotensi (korsleting), itu perlu dihindari,” ungkapnya.

Demi keamanan pelanggan, pihaknya juga sudah sering melakukan sosialisasi. “Kita sering menyampaikan hal itu untuk menghindari kebakaran. Salahsatunya melalui media sosial,” pungkasnya. (fit)