Koperasi Batik Bisa Bantu Promosikan Produk Pengrajin

Koperasi Batik Bisa Bantu Promosikan Produk Pengrajin
Wabup mendatangi Faza Batik di Desa Darungan
Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan, keberadaan Koperasi Batik memiliki peranan penting bagi para pengerajin batik. Diharapkan, dengan adanya Koperasi Batik mampu mengakomodir kebutuhan para pengerajin dan mampu mempromosikan batik, serta meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

"Paguyuban ini harus membuat koperasi untuk mempermudah memperoleh bahan baku, untuk produknya bisa terjual luas dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya," ujarnya saat menghadiri kegiatan pertemuan rutin yang digelar Paguyuban Pengerajin Batik Lumajang, di Faza Batik, Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun, Minggu (28/3/2021).

Menurut Indah, batik Lumajang jumlah produksinya terbatas dan menggunakan teknik tulis. Itu salah satu yang manjadi harga jual batik Lumajang relatif mahal. Namun demikian, jumlah peminat di pasar masih tinggi.

Dalam kesempatan itu, Indah berpesan agar para pengerajin batik lebih memberikan variasi terhadap corak batiknya dengan tetap berpatokan pada ciri khas Batik Lumajang.

"Banyak-banyak cari refrensi agar inspirasi itu muncul, tentu itu menambah pilihan dan membuat menarik corak," ujarnya.

Ia juga akan membantu memberikan pendampingan melalui dinas terkait agar para pengerajin batik di Kabupaten Lumajang bisa meningkatkan kesejahteraan dan mengenalkan Batik Lumajang ke masyarakat luas.(fit)