Korban Banjir dan Tanah Longsor Dapat Trauma Healing

Korban Banjir dan Tanah Longsor Dapat Trauma Healing
PUSPA Lumajang meberikan trauma healing kepada korban bencana alam
Lumajang, Motim - Korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Lumajang telah mendapatkan trauma healing. Hal ini perlu dilakukan untuk mengobati trauma korban bencana alam, agar bisa kembali tenang.

Trauma healing tersebut diberikan oleh Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kabupaten Lumajang. Korban banjir di Desa Kutorenon dan korban tanah longsor di Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang yang utama mendapatkan trauma healing.

Ketua PUSPA Lumajang, Rahayu Agus Triyono mengatakan, bencana alam yang menimpa korban pasti akan menimbulkan rasa trauma. Akan tetapi, tidak semua korban menyadari jika dirinya sendiri telah mengalami gangguan psikologis tersebut.

“Saat terjadi bencana alam, maka kebanyakan korbannya telah mengalami trauma. Tapi, tidak semua dari mereka menyadarinya. Untuk itulah, Forum PUSPA turun ke lokasi terdampak bencana untuk melakukan trauma healing agar dapat menyembuhkan rasa trauma yang dialami korban,” kata, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan agar dapat mengembalikan senyum dan keberanian korban pasca terjadi bencana alam, sehingga ke depannya masyarakat terdampak dapat kembali menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal.

Selain itu, Forum PUSPA Lumajang juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat terdampak. Seperti selimut, pakaian layak pakai, keperluan bayi dan logistik serta masker dan face shield, yang didampingi oleh Kepala Disdalduk KB dan PP Kabupaten Lumajang dr. Rosyidah beserta jajarannya. (fit)