Korsleting Listrik, Rumah di Jogotrunan Terbakar

Petugas dan warga berupaya memadamkan api. (*)
Lumajang, Motim - Kebakaran rumah lagi-lagi terjadi di wilayah Kabupaten Lumajang. Sebuah rumah di Jalan Sultan Agung RT 03 RW 07 di Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang terbakar, Rabu (17/3/2021) dini hari.

Supriyo, Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Satpol PP Lumajang menyampaikan, dari keterangan pemilik rumah, Tholib, sebelum rumah terbakar, meteran listrik jeglek. Kemudian Tholib menyalakan listrik lagi dan pergi tidur.

Namun sekitar pukul 03.20 Tholib terbangun karena melihat kobaran api. Ia kemudian menyelamatkan diri dan meminta bantuan warga sekitar.

"Warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang," kata Supriyo.

Sepuluh menit kemudian petugas tiba di lokasi kejadian. Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Petugas langsung melakukan upaya pemadaman.

Sekitar satu jam melakukan pemadaman, akhirnya api benar-benar dipadamkan total pada pukul 04.30 WIB. Berkat kesigapan petugas dan warga setempat, api tidak menghanguskan seluruh rumah. Api juga tidak sampai merambat ke rumah di sebelahnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun rumah bagian teras dan satu kamar rusak parah. "Kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 20 juta," pungkasnya. (fit)