MUI Lumajang Aktif Bantu Sosialisasi Covid-19

MUI Lumajang Aktif Bantu Sosialisasi Covid-19
Ketua MUI Lumajang, KH. Achmad Hanif
Lumajang, Motim - Penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Lumajang tak luput dari peran serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lumajang. Saat ini, Kabupaten Lumajang sudah memasuki zona kuning atau risiko rendah.

Ketua MUI Lumajang, KH. Achmad Hanif kepada Memo Timur menyampaikan, selama pandemi berlangsung, pihaknya kerap digandeng pemerintah maupun instansi-instansi untuk melakukan sosialisasi terkait penanganan Covid-19. Termasuk tentang kegiatan ibadah saat pandemi.

“Kegiatan kami selama pandemi ini sering melakukan sosialisasi masalah protokol kesehatan, baik secara langsung maupun melalui video himbauan,” tuturnya.

Lanjutnya, ada kendala yang sering dihadapi ketika melakukan sosialisasi. Diantaranya tidak samanya persepsi yang ada di masyarakat. “Penjelasan dari kami mereka terima, tapi penerapannya itu masih individu. Bahkan ada yang lebih ekstrem, masyarakat meyakini jika corona itu tidak ada, ini yang membahayakan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, MUI Lumajang sejauh ini masih terus berupaya melakukan sosialisasi penggunaan masker dalam semua bentuk kegiatan di masyarakat. “Ketika ada pertemuan-pertemuan di tingkat kecamatan kita sosialisasikan,” ujarnya.

Pihaknya tak lupa menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lumajang, supaya mengindahkan ajakan-ajakan pemerintah yang sifatnya bagus dan untuk kepentingan bersama. “Jika masyarakat berkegiatan supaya tetap mematuhi himbauan dari pemerintah, selama itu baik,” himbaunya.(rus)