Pasir Besi di Dusun Kajaran Desa Bades Diduga Kerap Dicuri

Pasir Besi di Dusun Kajaran Desa Bades Diduga Kerap Dicuri
Petugas mendatangi lokasi pasir besi di Desa Bades
Lumajang, Motim - Pasir besi sisa penambangan di Dusun Kajaran Desa Bades Kecamatan Pasirian diduga kerap dicuri. Dugaan pencurian itu dilaporkan warga pada pihak berwajib.

Mendapat laporan dari warga, pihak TNI-Polri dan Satpol PP Lumajang telah terjun ke lokasi. Namun pelakunya tidak tertangkap.

"Ada laporan dari warga, terkait pencurian pasir besi. TNI-Polri bergerak lebih dulu ke sana," kata Kasi Kerjasama Satpol PP Lumajang, Adiarto Hendro Setiawan, Rabu (24/3/2021).

Ia menjelaskan, tumpukan pasir besi yang ada itu merupakan stok lama, hasil penambangan dari salahsatu perusahaan beberapa tahun lalu. Sebelum pada akhirnya aktifitas penambangan itu ditutup.

"Itu stok lama yang ditinggal pengusahanya," ucapnya. Dari laporan warga, tumpukan pasir besi tersebut kerap diangkut oleh sejumlah orang.

Untuk mengantisipasi adanya pencurian lagi, pihaknya bersama TNI-Polri akan sering melakukan patroli di tempat tersebut. "Ke depan kita sering patroli di sana," pungkasnya.

Terpisah, Ketua Laskar Nusantara Dicky Agung mengatakan, jika betul hal itu terjadi, maka pengawasan dari pihak terkait harus ditingkatkan.

Setiap kendaraan yang keluar masuk Dusun Kajaran Desa Bades, utamanya yang mengangkut pasir harus dihentikan dan diperiksa. Guna memastikan bahwa yang diangkut bukan pasir besi.

"Jika ada indikasi pasir besi dicuri kita diam, sama saja dengan mengijinkan. Masukan kami, tingkatkan pengawasan dan bila memergoki ada yang mencuri pasir besi, tangkap dan proses hukum," tegasnya. (fit/cho)