Pemuda Ranuyoso Tanam Ratusan Pohon di Ranu Bedali

Penanaman bibit pohon yang digelar oleh Kopra. (*)
Lumajang, Motim - Komunitas Pemuda Ranuyoso (Kopra) menggelar aksi tanam bibit pohon buah, di sekitar mata air yang ada di Desa Ranu Bedali Kecamatan Ranuyoso, Senin (22/3/2021). Kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Air Sedunia yang diperingati tiap 22 Maret.

Kopra juga menggandeng sejumlah instansi, lembaga pendidikan, dan komunitas untuk terlibat dalam aksi penanaman pohon tersebut.

Muhammad Hamedi, salah satu anggota Kopra menyampaikan, aksi penanaman ini untuk melakukan konservasi alam dengan melestarikan sumber mata air.

"Ini bentuk kepedulian kita sebagai muda-mudi yang telah memanfaatkan air dari danau ini untuk kebutuhan hidup,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada 8 jenis tanaman buah yang ditanam oleh peserta. “Tanaman buah ini sengaja kami pilih agar bisa memberikan manfaat ekonomis juga, selain manfaat untuk sumber mata airnya," ungkapnya.

Asisten Perhutani BKPH Klakah, Soegiharto Aries Soebagiyo pun mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi para pemuda tersebut. “Yang ditanam oleh teman-teman pemuda Kopra ini sudah tepat mas, karena masyarakat bisa mengambil manfaat dengan tidak lagi menebang pohon di kawasan hutan lindung,” ujarnya.

Selain Perhutani, ikut dalam kegiatan ini dari pihak Pemerintah Kecamatan Ranuyoso, Koramil Ranuyoso, Cabang Dinas Kehutanan Lumajang, UPK PNPM Ranuyoso, Pamsimas, Perumdam Tirta Mahameru, Pemerintah Desa Ranubedali, SMAI Bustanul Ulum, MTs Ainur Rohmah, Laskar Hijau, dan Pokdarwis Arseda. (fit)