Perhutanan Sosial Beri Jaminan Masyarakat Ikut Mengelola Hutan

Asper BKPH Senduro, Lesmana ketika tanam bersama di Kawasan Siti Sundari. (*)
Lumajang, Motim - Perhutani Lumajang bersama dengan pihak terkait terus mengembangkan Program Perhutanan Sosial (PS) di wilayah Kecamatan Senduro. Bahkan, ini akan menjadi percontohan nasional.

Asper BKPH Senduro, Lesmana menyampaikan, melalui program ini, banyak manfaat yang akan didapat. Utamanya manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat di sekitar sana. Ditambah, melalui Pehutanan Sosial, masyarakat dapat jaminan dalam ikut mengelola hutan.

“Dengan Perhutanan Sosial, masyarakat akan lebih nyaman, terlindungi, dan punya masa yang lebih panjang,” katanya, Minggu (14/3/2021).

Lanjutnya, prorgam tersebut semakin nyata dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, salahsatunya dari Pemkab Lumajang. “Karena bupati juga menginginkan mengintegrasikan dengan wisata, agro industri, dan lainnya. Sehingga ini jadi percontohan nasional,” terangnya.

Ia menegaskan, selama ini, salahsatu produk utama masyarakat yang bekerjasama dalam megelola hutan adalah susu perah. Ini yang kemudian akan terus dikembangkan lagi.

“Jadi kita masuk ke sektor ekonomi desa melalui Perhutanan Sosial, ikut terlibat pihak desa, Pemkab Lumajang, dan lainnya menjadi satu kesatuan untuk mensukseskan program ini. Memang harus didukung semaksimal mungkin,” ujarnya.

Lesmana menambahkan, dalam Perhutanan Sosial, masyarakat memang sebagai pelaku utama dalam pengelolaan hutan. “Mereka bermitra dengan Perhutani. Mereka dapat perlindungan untuk kebutuhan pangan. Ketika program ini jalan, akan menjadi program yang menguatkan masyarakat,” pungkasnya. (fit/cho)