Permasalahan Pupuk Masih Dialami Petani Lumajang

Wabup menemui Wakil Ketua DPR-RI. (*)
Lumajang, Motim - Wakil Ketua DPR-RI Rachmat Gobel berkunjung ke Lumajang, Jumat (19/3/2021). Salahsatu agendanya yakni bertemu Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati di Pendopo Arya Wiraraja.

Dalam kesempatan itu, wabup menyampaikan sejumlah permasalahan yang ada di Lumajang. Agar bisa dibantu menyelesaikannya oleh pihak DPR-RI.

Salahsatu masalah yang disampaikan oleh Indah adalah soal kelangkaan pupuk yang masih kerap dialami petani di Lumajang. Wabup menyebut, pupuk selalu menjadi permasalahan para petani saat musim tanam. Kesulitan mendapatkan pupuk, utamanya yang subsidi menjadi keluhan petani hampir di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang.

"Permasalahan pupuk, itu terus terang masih menjadi curhatan para petani,” katanya.

Lanjutnya, jika petani harus beralih ke pupuk organik sepenuhnya, masih butuh waktu yang cukup lama untuk beradaptasi. “Sementara penggunaan pupuk organik harus membutuhkan banyak waktu, karena tanah sudah lama menggunakan pupuk kimia," ungkapnya.

Kemudian Wabup juga menyinggung soal rencana pembangunan jalan Tol Lumajang-Probolinggo. Indah menyebut, adanya Tol Lumajang-Probolinggo akan mampu mengurai kemacetan yang terjadi jalur utara.

Menanggapi hal itu, Rachmat Gobel meminta, persoalan tersebut, juga disampaikan melalui surat. Sehingga sebagai wakil rakyat, dirinya bisa menindaklanjuti ke kementerian terkait.

"Kalau ibu berkenan, nanti surati ke saya. Sebagai wakil rakyat, sudah seharusnya mendorong percepatan pembangunan, nanti saya tindak lanjuti ke kementerian terkait," terangnya.

Sementara terkait permasalahan pupuk, dirinya sudah mempunyai beberapa alternatif salah satunya melalui pengaktifan koperasi petani yang nantinya menyediakan seluruh kebutuhan para petani dengan kualitas yang baik.

"Nanti kita dorong pertanian melalui koperasi, termasuk urusan pasca panen, pupuknya dan bibitnya agar semua berkualitas," pungkasnya. (fit)