Persingkat Jarak Tempuh, Jalur Alternatif Pasirian-Tempursari Segera Dibangun

Persingkat Jarak Tempuh, Jalur Alternatif Pasirian-Tempursari Segera Dibangun
Bupati ketika memantau jalur
Lumajang, Motim - Rusaknya jalan di Watu Godeg akibat abrasi, membuat terputusnya jalur Pasirian-Tempursari. Kendaraan tak bisa lagi melintas di sana. Pengendara harus memutar lewat Jalur Piket Nol.

Untuk mengatasi persoalan ini, segera dibangun jalur alternatif. Selama ini memang ada jalan sementara yang hanya bisa dilalui roda dua. Itu pun kondisi jalan tidak layak.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan, jalur yang akan dibangun nantinya, merupakan akses penunjang perekonomian masyarakat sekitar. Karena mampu mempersingkat waktu tempuh Pasirian-Tempursari.

"Akses jalan yang akan kita bangun ini sudah kita survey dan jauh lebih aman dari abrasi air laut, karena melewati gunung langsung dan jalannya landai," katanya ketika meninjau lokasi yang akan digunakan untuk jalur baru tersebut.

Peninjauan itu untuk memastikan secara administrasi dan menginventarisir jalur mana saja yang menjadi kewenangan kabupaten dan desa.

Lanjutnya, jalur yang akan dibangun nantinya tentu harus melihat topografi di kawasan tersebut. Dipastikan jalur aman dari abarasi agar tidak kembali rusak seperti sebelumnya. Proses pembangunan jalur ini juga memerlukan kerja ekstra. Pasalnya jalur yang ada harus melalui pegunungan di sana. (fit)