Polres Lumajang Perketat Penjagaan Gereja Selama Perayaan Paskah

Polres Lumajang Perketat Penjagaan Gereja Selama Perayaan Paskah
Gereja Katolik Maria Ratu Damai pada perayaan lalu
Lumajang, Motim - Menjelang perayaan Jum’at Agung dan hari raya Paskah yang jatuh pada awal bulan April, Polres Lumajang sudah melakukan koordinasi dengan pihak pengurus gereja terkait pengamanan.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani dalam menjalankan ibadah, Polres Lumajang akan melakukan pemetaan dan antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kabag Ops Polres Lumajang, AKP Saiful Alam, SH., MH. menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melakukan pengamanan di setiap gereja yang menggelar perayaan paskah.

“Meskipun tidak ada insiden bom kemarin, kita akan tetap perketat penjagaan selama kegiatan paskah berlangsung,” tegas Kabag Ops ketika dihubungi Memo Timur, Senin (29/3/21).

Untuk menghindari kerumunan dalam perayaan paskah, pihak gereja telah membagi jadwal dengan mengatur jam perayaan menjadi beberapa sesi.

“Pihak gereja sudah berkoordinasi dengan Sat Intelkam, jadwalnya sudah diserahkan. Pelaksanaannya nanti bergantian pada hari yang sama,” jelas AKP Alam.

Sementara Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja Kabupaten Lumajang, Pendeta Joddy Mac Donald Meiruntu, S.E, M.M menyampaikan bahwa perayaan Jum’at Agung dan Paskah kali ini hanya dilaksanakan di masing-masing gereja.

“Untuk perayaan dengan skala kabupaten masih belum ada, panitia juga belum merapatkan terkait perayaan bersama karena pandemi,” tutur Pendeta Joddy.

Selama pandemi berlangsung, hanya sebagian umat Kristiani yang melakukan ibadah di gereja. Sedangkan yang lainnya menjalankan ibadah secara virtual atau online.

Dalam menyambut datangnya perayaan ini, pihak gereja sudah berkoordinasi dengan polsek masing-masing guna pengamanan.

“Saya berharap agar umat Kristiani bisa mewujud nyata kan kasih itu di tengah-tengah pandemi kepada sesama,” tutupnya.(rus)