Puluhan Mahasiswa Terpilih Bantu Mengajar di Sekolah Lumajang

Mahasiswa yang terpilih mengikuti Program Kampus Mengajar di Lumajang.
Lumajang, Motim - Puluhan mahasiswa terpilih dari berbagai kampus di Jawa Timur utamanya, membantu mengajar di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Lumajang.

Kegiatan ini merupakan Program Kampus Mengajar yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem A Makarim pada bulan lalu.

Informasi dari Dinas Pendidikan Lumajang, dalam Progam Kampus Mengajar Angkatan 1 tahun 2021, ada 40 mahasiswa terpilih yang diterjunkan di Lumajang. Mereka membantu mengajar di sejumlah SD mulai 22 Maret hingga 25 Juni 2021.

Sebelum mulai membantu mengajar, para mahasiswa itu mendapat pembekalan di Dinas Pendidikan, Senin (22/3/2021).

"Itu mahasiswa hasil seleksi dalam Program Kampus Mengajar. Kampusnya juga terpilih dari hasil seleksi," kata Kepala Dinas Pendidikan Lumajang Drs. Agus Salim, M.Pd pada Memo Timur, Selasa (23/3/2021).

Sekolah yang dipilih sebagai tempat mahasiswa mengajar adalah SD yang masih dalam kategori C. "Sekolah kategori C itu, sekolah yang belum bisa memenuhi standarisasi SNP (Standar Nasional Pendidikan). Sekolah ini masih menjalankan standar yang paling rendah," ungkapnya.

Dengan kedatangan mahasiswa tersebut, diharapkan dapat membantu sekolah agar bisa lebih berkembang. "Selain mengajar, juga pembinaan, harapannya mutu sekolah meningkat. Termasuk membantu melaksanakan ujian, menjaga ujian," ujar Agus Salim.

Pihaknya pun sangat mendukung Program Kampus Mengajar. "Ini sebagai kerja nyata kampus membantu pendidikan di tingkat bawah. Kami mendukung Program Kampus Mengajar, karena di tengah pandemi ini juga butuh inovasi," pungkasnya. (fit)