Tim Verlap ODF Jawa Timur Sudah Turun ke Lumajang

Tim Verlap Jatim datang ke Lumajang. (*)
Lumajang, Motim - Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Open Defecation Free (ODF) Jawa Timur telah turun ke Lumajang, Selasa (23/3/2021). Tim Verlap ini melalukan evaluasi dan penilaian terkait Program ODF atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menegaskan, saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak BAB sembarangan sudah mulai tinggi. "Saat ini kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi untuk tidak buang air besar sembarangan atau di sungai," ungkapnya saat memberikan arahan di acara Verlap Strategi dan Percepatan ODF di Panti PKK Lumajang, selasa (23/03/21).

Lanjutnya, dengan adanya evaluasi dan penilaian, wabup berharap hasilnya nanti menjadi semangat Pemkab Lumajang dan stakeholder terkait. Sebagai motivasi untuk menuju 100 persen ODF. Namun, menurutnya yang paling utama yakni memiliki komitmen agar masyarakat selalu berprilaku hidup bersih dan sehat.

"Jadi Pak Bupati dan saya berkomitmen bahwa masyarakat harus selalu sehat," tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, Bayu Wibowo Ignasius menjelaskan, Deklarasi ODF di 21 Kecamatan di Kabupaten Lumajang yang telah dilaksanakan, sebagai bentuk percepatan dalam menuntaskan BAB sembarangan di Lumajang.

"Seluruh masyarakat Lumajang optimis dan ikut berperan aktif untuk menciptakan lingkungan sehat dan membuktikan bahwa Lumajang Stop Buang Air Besar Sembarangan," Jelasnya. Lanjutnya, data terakhir presentase kepemilikan jamban sehat di Lumajang sebesar 75 persen, jamban sehat semi permanen 11 persen, dan sharring jamban 14 persen. Harapannya, dengan percepatan ODF ini bisa menghantarkan Kabupaten Lumajang kembali mendapatkan penghargaan kategori Kabupaten sehat tingkat nasional. (fit)