AKP Fajar Bangkit Sutomo, Bercita-cita jadi Perwira Polisi Sejak di Bangku Sekolah

AKP Fajar Bangkit Sutomo, Bercita-cita jadi Perwira Polisi Sejak di Bangku Sekolah
Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Fajar Bangkit Sutomo, S.Kom

Lumajang, Motim - AKP Fajar Bangkit Sutomo, S.Kom baru saja pindah tugas ke Kabupaten Lumajang. Ia menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Lumajang.

AKP Fajar membagikan kisah perjalanan hidupnya sejak di bangku sekolah hingga sukses menjadi perwira di kepolisian. Ternyata, menjadi perwira adalah cita-citanya sejak duduk di bangku sekolah.

Lulus SMA di tahun 2006, AKP Fajar melanjutkan sekolah di Universitas Pembangunan Nasional Surabaya. Setelah lulus di 2011, Ia mendaftar ke Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS).

"Alhamdulillah diterima, terus pendidikan dan lulus 2012," katanya kepada Memo Timur pada Rabu (31/3/2021).

Ketika berpangkat IPDA, AKP Fajar betugas di Bareskrim Polri di Bidang Tipideksus selama 3 tahun. Kemudian pindah tugas ke Polda Jatim sebagai Panit Siber.

Ia menyampaikan keluh kesah ketika mendapat amanah bertugas sebagai polisi siber. Banyak kasus yang ditangani dan menjadi beban berat jika tidak segera terungkap.

Setelah itu, AKP Fajar melanjutkan karirnya di Lumajang. Di tahun 2021, Ia mendapat amanah menjadi Kasat Reskrim Polres Lumajang.

AKP Fajar menambahkan, dirinya merupakan anak kedua dari 5 bersaudara. Dua saudara juga sukses sebagai perwira.

"Kakak saya perwira polisi di Kalimantan Timur, berpangkat Ipda. Adik saya nomor tiga perwira polisi juga, berdinas di SDM Mabes Polri," ujarnya.

Selama berkarir, AKP Fajar telah menorehkan banyak prestasi. Termasuk mendapat penghargaan di kancah internasional.

"Saya pernah mendapat penghargaan dari FBI karena mengungkap kasus pencurian kartu kredit. Kemudian dari kepolisian China, karena berhasil mengungkap penipuan antar negara," pungkasnya.

Diketahui bahwa AKP Fajar Bangkit Sutomo merupakan anak dari seorang anggota polisi yang berdinas di wilayah Polda Kalimantan dengan pangkat terakhir Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). (cho)