Sat Lantas Rencanakan Gandeng Disperindag untuk Tertibkan Penjual Knalpot Brong

Sat Lantas Rencanakan Gandeng Disperindag untuk Tertibkan Penjual Knalpot Brong
Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Bayu Halim Nugroho, SH, SIK.(rus)
Lumajang, Motim - Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Bayu Halim Nugroho, S.H., S.I.K. menyebut penggunaan knalpot brong oleh kalangan pemotor tidak hanya mengganggu ketentraman masyarakat, namun juga mengganggu kenyamanan pengguna jalan yang lain.

Untuk memutus penggunaan knalpot brong, pihaknya mengaku tidak bisa melakukan semua itu sendirian. Butuh peran serta masyarakat untuk ikut membantu menekan penggunaan knalpot brong.

“Kalau dari Sat Lantas saja yang melakukan tindakan, itu kurang efektif. Sekarang ditindak, besok atau lusa pasti beli knalpot brong lagi, karena penjualnya masih banyak,” tutur AKP Bayu Halim ketika ditemui Memo Timur saat pengamanan aksi turun jalan di depan kantor DPRD Lumajang, Senin (5/4/21).

Ia menghimbau supaya masyarakat juga turut aktif mengingatkan kepada pemotor yang kedapatan menggunakan knalpot brong. Sehingga, apabila pemotor tersebut sering diingatkan bisa meluluhkan hatinya dan segera mengganti knalpot brong dengan yang standar.

“Jika sering diingatkan oleh masyarakat, lama-lama pasti malu dia. Beda lagi kalau Sat Lantas yang mengingatkan, jera cuma saat itu saja. Besoknya ya beli lagi,” ucapnya.

Selama ini pihaknya dalam memberi efek jera kepada pengguna knalpot brong sebatas menindak dengan surat tilang dan memerintahkan pemilik motor untuk memotong knalpot tersebut. Sedangkan kepada penjual knalpot brong, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Hanya sebatas memberi himbauan supaya tidak menjual knalpot brong.

Untuk mengatasi hal itu, AKP Bayu Halim berencana akan menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) supaya menertibkan penjual knalpot brong. Sehingga di Lumajang tidak lagi ada yang memperjual belikan knalpot brong.

“Rencananya sih seperti itu, nanti akan kita koordinasikan dengan Disperindag. Agar Lumajang bebas dari suara bising knalpot brong,” tutupnya.(rus)